X_Ray

X_Ray
You Know Me So Well

Selasa, 08 Februari 2011

Pembelajaran Seni Musik di SD

Guru sekolah dasar adalah guru yang ahli di semua mata pelajaran, mulai sains, matematika, ilmu sosial, PKn, dan mata pelajaran yang lainnya. Bahkan mata pelajaran muatan lokal pun seperti Bahasa Daerah dan Seni, Budaya, dan Ketrampilan harus dikuasainya. Namun dalam sebagian besar, dalam membelajarkan mata pelajaran Seni, Budaya, dan Keterampilan (SBK) khususnya Pendidikan Seni Musik belum tercapai menurut apa yang digariskan kurikulum. Hal ini bisa dilihat dari fenomena yang ada di lapangan seperti masih banyaknya guru dalam mengerjakan tugas mulia mereka tanpa persiapan sama sekali. Proses pembelajaran musik pun hanya sebatas bernyanyi, mulai dari permulaan jam pelajaran sampai jam pelajaran berakhir. Hanya menyanyikan beberapa lagu, setelah itu pulang. Bagaimana seorang guru dapat menciptakan pembelajaran pendidikan seni musik secara kreatif dan menyenangkan bagi peserta didik, serta berujung pada peningkatan semangat belajar perserta didik terhadap mata pelajaran lain?

Seorang komponis Honggaria, Zaltan Kodaly (1882-1967) berpendapat, ”Tidak ada anak yang tidak mempunyai kemampuan musikal. Yang sering terjadi adalah kemampuan itu tidak dikembangkan”. Aktivitas musik akan memberikan dampak yang baik bagi perkembangan anak, mulai dari berbahasa, berekspresi, berkreasi, bahkan intelektual anak.

Namun pada realitanya, guru sekolah dasar kebanyakan masih kurang dalam penguasaan seni musik. Sehingga mereka takut jika harus mengajarkan seni musik kepada siswanya, takut salah atau takut kelihatan tidak bisa. Maka sudah saatnya guru untuk belajar mengembangkan kemampuan musik yang dimiliki anak secara optimal. Dimulai dari sang guru untuk belajar musik tentunya. Berilah porsi yang seimbang pada anak pendidikan seni musik. Sehingga anak tidak dijejali dengan crayon atau pensil warna terus menerus.

Semangatlah untuk belajar dan belajar dengan tekun.. Bukankah itu yang guru ajarkan pada murid-muridnya? Belajar adalah sepanjang nafas berhembus.. ilmu tidak akan habis walau umur 1000 tahun lamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar